SUARA INDONESIA JAWA TENGAH

Pesta Siaga Kwaran Cilacap Tengah, Ajang Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Latih Disiplin Anak

Satria Galih Saputra - 17 February 2024 | 20:02 - Dibaca 2.05k kali
Pendidikan Pesta Siaga Kwaran Cilacap Tengah, Ajang Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Latih Disiplin Anak
Siswa siswi SD berpakaian pramuka tampak antusias mengikuti Pesta Siaga yang digelar Kwaran Cilacap Tengah di Lapangan Jati Persada. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ratusan siswa sekolah dasar (SD) berseragam pramuka terlihat memadati Lapangan Jati Persada di Jalan Kalimantan, Cilacap pada Sabtu (17/2/2024).

Diketahui, mereka tengah mengikuti kegiatan lomba Pesta Siaga yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Cilacap Tengah. Kendati cuaca mendung, namun anak-anak terlihat antusias dan semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, para peserta bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi dengan mengikuti sejumlah perlombaan yang berkaitan dengan keterampilan, seni budaya, cinta tanah air, patriotik, ketaqwaan dan lainnya.

Ketua Kwarran Cilacap Tengah, Satiman mengatakan, kegiatan digelar di samping untuk menghadapi Pesta Siaga Tingkat Kwarcab, juga sebagai pengalaman dan bekal hidup anak-anak nantinya di masyarakat karena dilatih disiplin, kreatif, inovatif.

Adapun jumlah peserta sebanyak 544 siswa terdiri dari 34 barung putra dan 34 barung putri berasal dari 34 gugus.

Melalui kegiatan itu nantinya diharapkan mendapatkan barung tergiat dan terbaik, untuk mewakili Kwarran Cilacap Selatan di perlombaan berikutnya yakni di Tingkat Kwarcab.

"Target kami juara 1 di Tingkat Kwarcab, 1 putra dan 1 putri untuk mewakili ke Binwil," ujar Satiman.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Cilacap Tengah, Taufik Hidayat menyampaikan, bahwa Pesta Siaga ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa siswi SD untuk berkompetisi menunjukkan minat dan bakatnya, baik di bidang seni, cinta tanah air, bidang pengetahuan dan lainnya.

Disamping itu, sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus sebagai sarana untuk berlatih mandiri dalam melakukan kegiatan kehidupan yang sesungguhnya, baik dalam kehidupan keluarga maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan berjenjang sampai ke Kwarcab dan Kwarda," ungkap Taufik.

Melalui Pesta Siaga itu diharapkan dapat memacu anak-anak agar lebih berkembang dari segi fisik maupun mental serta intelektual. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air.

"Kegiatan ini juga untuk mengembangkan jiwa kemanusiaan pada umumnya dan kepekaan mereka terhadap sosial," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV