SUARA INDONESIA JAWA TENGAH

Partai Pengusung Sambut Baik PDIP Gabung Koalisi Gerindra Dukung Awaluddin Muuri di Pilkada Cilacap

Satria Galih Saputra - 08 August 2024 | 03:08 - Dibaca 1.61k kali
Politik Partai Pengusung Sambut Baik PDIP Gabung Koalisi Gerindra Dukung Awaluddin Muuri di Pilkada Cilacap
Ketua DPD NasDem Kabupaten Cilacap Cahyo Sasongko (kanan) dan Sekjen DPC PPP Edi Purwanto (kiri) saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Kabar akan bergabungnya PDIP bersama Gerindra, mendukung calon bupati Awaluddin Muuri di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Cilacap 2024, mendapat respons dari sejumlah partai koalisi Gerindra. Partai NasDem, PPP dan PAN menyambut baik atas kabar tersebut.

Saat ditemui, Cahyo Sasongko, Ketua DPD NasDem Kabupaten Cilacap mendukung bilamana PDIP bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju Tingkat Kabupaten, mendukung calon bupati Awaluddin Muuri.

"Yang punya peran ini kan awalnya Gerindra dengan PAN, kemudian bergabung NasDem, lalu PPP. Kalau bertambah lagi PDIP, bukan tidak mungkin. Welcome, kita terbuka. Kebetulan kita sudah bertemu," ujarnya, Rabu (7/8/2024).

"Dan kita dari NasDem mendukung kalau memang bergabung, berarti ada dua poros ya PKB dengan Golkar, kemudian poros yang memang sudah lama terbentuk lalu tambah PDIP kan justru semakin kuat," imbuhnya.

Sementara berkaitan dengan calon wakil bupati yang akan didukung oleh NasDem di Pilkada 2024, pihaknya masih menunggu rekom yang pasti terlebih dahulu. "Jadi dalam proses pencalonan ini kan sebenarnya masing-masing partai sudah mengeluarkan rekom," ungkap kader NasDem yang akrab disapa Cahyo ini.

"Kalau NasDem akan mengeluarkan rekom yang pasti di akhir bulan Juli ini. Intinya kami mengusung calon bupati dan wakil bupati yang terbaik, bukan bersikukuh mengusung kader NasDem harus," lanjutnya.

Sementara itu, Sekjen DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Cilacap Edi Purwanto juga menyambut baik kabar akan bergabungnya PDIP bersama Gerindra, PAN, NasDem dan PPP.

"Dari NasDem saja tadi welcome, dari PAN juga katanya welcome. Maka tidak ada kata lain supaya bagaimana Pak Awaluddin ini harus menang," katanya.

"Kami punya pikiran sama kalau dimasuki PDIP, insyaallah semakin kuat dan calon bupati yang akan menang pastinya Pak Awaluddin. Maka besok harus saya kawal," tandas Edi sapaan akrab kader PPP ini.

Terpisah, Muhammad Hanafi Ketua DPD PAN Kabupaten Cilacap turut merespon kabar akan bergabungnya PDIP di kubu Gerindra. Pihaknya mendukung kabar tersebut.

"Jadi konsepnya PAN itu mengusung calon bupati yang kita yakini akan menang. Kalau ditambah PDIP, maka peluang akan menjadi sangat besar. Dan kami yakin Pak Awaluddin menang," ujarnya saat ditemui.

Ketua DPD PAN Cilacap yang akrab disapa Hanafi ini mengaku sudah melakukan pertemuan dengan Ketua PDIP Taufik Nurhidayat "PDIP sepakat untuk bergabung ketika memang menjadi lebih kuat," ungkapnya.

"Jadi nanti tinggal kita bahas kemungkinan PDIP masuk, bergabung dengan kita. Dan selama ini kita dengan partai yang sudah terjalin aman-aman saja," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya